Bambu Sebagai Kerajinan Tangan Yang Mudah Dibuat

Bambu adalah jenis tanaman yang sangat mudah ditemukan terutama di kampung-kampung, daerah gunung, atau perbukitan. Karena cara yang begitu mudah dalam penanaman bambu, maka bambu sering dimanfaatkan orang untuk membuat kerajinan bambu.

Selain mudah dalam hal budidaya, bambu juga merupakan tanaman yang sangat awet untuk disimpan, contohnya bambu yang digunakan sebagai barang interior, misalnya meja dan kursi. Barang-barang tersebut dapat bertahan lama bahkan bertahun-tahun.

Seruling Bambu, musik dari kerajinan bambu yang mudah dibuat dan enak didengarkan

Seruling bambu merupakan kerajinan bambu yang menghasilkan bunyi siulan kasar dan melengking. Nada-nada yang melengking itulah yang menjadikan suara seruling begitu nyaman didengarkan.

1fc1074bf5157a0df788e00f6d5edc82

Konon katanya, seruling bambu telah dimainkan sejak zaman purbakala, yaitu oleh manusia purba Neandhertal. Terbukti terdapat peninggalan berupa seruling bambu yang diperkirakann berumur 40.000 tahun.

Nah, bagi anda yang penasaran bagaimana cara membuat kerajinan bambu yang mudah untuk seruling bambu, maka berikut ini adalah tutorialnya.

Cara membuat kerajinan bambu yang mudah untuk seruling bambu

Bahan-bahan untuk cara membuat kerajinan bambu yang mudah untuk seruling bambu

  • Bambu
  • Alat alat untuk cara membuat kerajinan bambu yang mudah berupa seruling bambu
  • Pelobang (bor listrik)
  • Gergaji
  • Pensil
  • Penggaris
  • Pisau
  • Pita meteran
  • Busa
  • Besi
  • Kertas pasir atau amplas

Cara membuat kerajinan bambu yang mudah untuk seruling bambu

  1. Hal pertama kali yang harus dilakukan dalam pembuatan kerajinan bambu yang mudah untuk seruling bambu adalah menentukan pencarian bambu. Bambu yang digunakan sebaiknya adalah bambu yang sudah kering dan tipis.
  2. Selanjutnya, tentukan ukuran panjang seruling. Jika kita menginginkan seruling bambu sepanjang 48 cm, maka potonglah bambu sepanjang 48 cm.
  3. Setelah bambu dipotong menggunakan gergaji, tentukan titik peniupannya dan tandai dengan pensil. Titik peniupannya tentu saja bukan di tengah atau pinggir sekali ya, kira-kira 7 cm dari ujung bambu. (Ukuran ini opsional, dapat dikira-kira sesuai selera)
  4. Ukur besarnya lingkar bambu menggunakan pita meteran. Di tutorial kali ini, anggap saja ukuran lingkar bambu adalah 6 cm.
  5. Letakkan pita meteran dari titik peniup sepanjang dua kali lipat ukuran besar lingkar bambu. Jika dalam tutorial ini ukuran lingkar bambu adalah 6 cm, maka anda harus menandai sebuah titik pada ukuran 12 cm dari titik peniupannya. Titik yang ditandai tersebut adalah titik yang nantinya akan menjadi lubang pertama.
  6. Buat 6 titik dengan jarak sepertiga dari ukuran lingkar bambu tersebut. Maka, jika ukuran lingkar bambu adalah 6 cm, maka anda harus membuat jarak sepertiganya atau sepanjang 2 cm dari titik untuk lubang pertama ke titik untuk lubang kedua, dari titik untuk lubang kedua ke titik untuk lubang ke tiga, dan seterusnya.
  7. Titik yang sudah ditandai menggunakan pensil lalu dilubangi dengan bor secara hati-hati. Lubang peniup harus lebih besar dari lubang lainnya. Lubang-lubang tersebut pastinya tidak rapi, maka untuk merapikannya, hal yang harus anda lakukan adalah membakar besi dan menempelkannya pada lubang yang telah dibuat. Dengan sentuhan artistik, maka lubang akan rapi.
  8. Buatlah lingkaran dari busa sebesar lingakaran bambu. Masukkan busa tersebut dengan jarak kurang lebih 2 cm dari jarak lubang peniup.
  9. Seruling bambu sudah jadi dan siap digunakan! Oh iya, hampir lupa, agar mulut dan tangan anda tidak terluka, anda harus menghaluskannya menggunakan amplas atau kertas pasir pada setiap permukaan seruling beserta lubang-lubangnya ya…!

Begitulah cara membuat kerajinan bambu yang mudah untuk seruling bambu. Jika anda sangat tertarik dengan kerajinan bambu lainnya, anda dapat membaca artikel tentang bingkai unik, kerajinan tangan dari bahan bambu yang pastinya juga sangat mudah dibuat di rumah anda!

Advertisements