Pakan Ternak Sapi Fermentasi

Fermentasi adalah proses penguraian zat kompleks menjadi yang sederhana. Dalam biologi bisa didefinisikan sebagai proses konversi gula menjadi asam.

Dalam dunia ternak, ternyata fermentasi limbah tumbuhan sangat dianjurkan untuk pakan ternak. Alasannya, karena dalam pencernaan sapi akan terjadi proses fermentasi alamiah. Maka, fermentasi pakan ternak sapi sangat dianjurkan agar efisien.

Alasan lain, fermentasi pakan ternak harus dilakukan karena sulitnya mencari rumput yang segar apalagi jika tinggal di kota-kota besar. Dalam hal ini, harus ada bahan pangan yang mudah dicari, awet, dan menyehatkan untuk ternak sapi.

cow-eating-grass

Kedebog Pisang Sebagai Pakan Ternak Fermentasi

Salah satu jenis limbah tumbuhan yang dapat dijadikan pakan ternak sapi fermentasi adalah kedebog pisang. Limbah tumbuhan ini sangat mudah dicari karena kebanyakan orang akan membuangnya karena ketidaktahuan mereka terhadap limbah tumbuhan satu ini.

Kedebog pisang dapat dijadikan pakan ternak fermentasi karena memiliki kandungan-kandungan yang hampir sama dengan rumput segar. Kandungan-kandungan itu adalah bahan kering 87,7 %, abu 25,12 %, protein kasar 3%, lemak kasar 14,23 %, SK 28,4 %, dan BETN 28,24 %.

Untuk cara membuat pakan ternak sapi fermentasi ini sangatlah mudah bahkan anda dapat mencobanya sendiri ri rumah. Berikut ini adalah tutorialnya.

Cara Membuat Pakan Ternak Sapi Fermentasi Agar Daging Yang Dihasilkan Berkualitas

Bahan-bahan Pembuatan Pakan Ternak Sapi Fermentasi Dari Kedebog Pisang

  • Kedebog pisang sebanyak 10 kg
  • Gula secukupnya
  • SOC (Suplemen Organik Cair) sebanyak 1 tutup botol
  • Air sebanyak 1 liter
  • Ampas tahu sebanyak 5 kg
  • Katul sebanyak 5 kg
  • Garam secukupnya

Alat-alat untuk cara membuat membuat pakan ternak sapi fermentasi

Cara membuat pakan ternak sapi fermentasi

  1. Langkah pertama yang harus anda lakukan dalam pembuatan pakan ternak sapi fermentasi adalah memotong-motong kedebog pisang menggunakan pisau atau mesin pencacah rumput. Potongan kedebog pisang dibuat kecil-kecil.
  2. Langkah selanjutnya, gula dan SOC dimasukkan ke dalam air 1 liter. Aduk larutan gula, SOC, dan air tersebut hingga rata kemudian diamkan kurang lebih selama 15 menit. Setelah itu masukkan larutan tersebut ke dalam air sebanyak 10 liter.
  3. Pada wadah lain, masukkan potongan kedebog pisang, ampas tahu, dan bekatul. Campurlah bahan-bahan tersebut menggunakan larutan gula, SOC, dan air tadi dan taburkan garam kemudian aduk kembali sampai benar-benar rata.
  4. Masukkan semua bahan tadi ke dalam drum plastik dan tutup hingga rapat. Proses fermentasi membutuhkan waktu paling cepat 2 jam dan paling lama 4 jam.
  5. Jika proses fermentasi selesai, pakan ternak fermentasi ini siap diberikan kepada sapi anda.

Begitulah cara membuat pakan ternak sapi fermentasi dari kedebog pisang. Pakan ternak sapi fermentasi diteliti memiliki manfaat yang banyak untuk sapi anda.

Manfaat Pakan Ternak Sapi Fermentasi

  1. Penggemukan sapi akan cepat
  2. Membuat bau urin tidak menyengat dan kotoran akan lebih sedikit serta dapat dijadikan sebagai pupuk kandang
  3. Pakan tercerna lebih optimal dan dapat memperbaiki sistem pencernaan sapi
  4. Meningkatkan produksi susu
  5. Daging akan lebih berkualitas serta rendah kolestrol
  6. Sapi anda akan akan lebih kebal terhadap serangan penyakit
  7. Meningkatkan nafus makan sapi

Selain pakan ternak sapi dari kedebog pisang, ada banyak sekali limbah tumbuhan yang dapat dimanfaatkan sebagai pakan ternak sapi. Anda dapat membacanya di artikel ini: pakan ternak fermentasi

Cukup sekian tata cara membuat pakan ternak sapi fermentasi untuk daging yang berkualitas. Semoga bermanfaat.

Advertisements