Alternatif Pakan Ternak Sapi

Dalam dunia peternakan, pakan merupakan kebutuhan terpenting dalam penggemukan hewan ternak. Pada umumnya, hewan ternak seperti sapi, diberikan pakan berupa rumput-rumputan yang segar.

Namun, dewasa ini, lahan terbuka mulai sulit dicari. Lahan-lahan yang dulunya kosong kini digukanan untuk lahan pembangunan sehingga lahan yang tersedia sangat sempit. Hal itu mengakibatkan petani kesulitan untuk menanam rumput.

Dalam hal ini, sangatlah dibutuhkan sebuah alternatif untuk pakan ternak sapi. Pakan ternak sapi alternatif itu haruslah mudah dibuat, menyehatkan, dan awet.

Nutrisi Pelepah Sawit Untuk Pakan Ternak Sapi

Dalam berbagai penelitian, penggunaan teknologi fermentasi dari limbah-limbah perkebunan merupakan alternatif sebagai pakan ternak sapi. Limbah-limbah perkebunan tersebut salah satunya adalah pelepah sawit.

Merupakan hal yang menggembirakan karena pelepah sawit yang biasanya dibuang begitu saja ternyata dapat dijadikan alternatif pakan ternak sapi modern. Walaupun pelepah sawit diteliti memiliki nilai protein yang rendah serta memiliki serat kasar yang tinggi, namun setelah difermentasikan, nutrisi dari pelepah sawit ini akan meningkat nilai mutunya.

Berikut adalah kandungan nutrisi dari pelepah sawit, yaitu daun tanpa lidi (berat kasar 26, 8%, protein kasar 14,12 %, dan serat kasar 21,52 %). Kemudian Nutrisi pada pelepah sawit adalah berat kasar 24,07%, protein kasar 3,07 %, dan serat kasar 50,94 %.

Jika anda penasaran dan ingin mencoba bagaimana cara membuat pakan ternak sapi dari pelepah sawit, berikut ini adalah tutorialnya.

palm-1054705_960_720

Cara Membuat Pakan Ternak Sapi Modern Dari Pelepah Sawit

Bahan-bahan

  • Daun dan pelepah kelapa sawit
  • Dedak halus
  • Solid
  • Gula merah
  • Gula putih

Alat-alat

  • Cooper (mesin pencacah rumput)
  • Wadah besar atau drum

Langkah-langkah Membuat Pakan Ternak Sapi Modern

  1. Pertama-tama, hal yang dilakukan adalah menghancurkan daun dan pelepah kelapa sawit menggunakan cooper atau mesin pencacah rumput.
  2. Setelah daun dan pelepah sawit hancur, campurkan dedak halus sebanyak 10%.
  3. Aduk pelepah sawit dengan dedak halus hingga rata kemudian masukkan solid sebanyak 10%. Aduk-aduk kembali.
  4. Masukkan gula merah atau gula putih dan aduk kembali hingga rata.
  5. Campuran bahan-bahan tersebut lalu dimasukkan ke dalam wadah besar atau drum dan harus ditutup rapat-rapat.
  6. Saat itulah proses fermentasi dilakukan selama kurang lebih 2-3 minggu untuk menghasilkan pakan ternak sapi yang sempurna.
  7. Sebelum diberikan kepada ternak sapi, sebaiknya pakan ternak sapi fermentasi dari pelepah sawit ini diangin-anginkan agar gas yang disebabkan dari proses fermentasi berkurang.

Itu tadi adalah cara membuat pakan ternak sapi modern dari pelepah sawit. Setelah mengonsumsi pelepah sawit yang difermentasikan akan didapatkan hasil seperti berikut ini.

Baca juga: Macam-macam Pakan Ternak Fermentasi Untuk Sapi Anda

Hasil Yang Didapatkan Setelah Sapi Mengonsumsi Pelepah Sawit (Fermentasi)

Sapi yang mengonsumsi pelepah sawit yang telah difermentasikan akan mengalami kenaikan berat badan yang signifikan. Per hari, berat badan masing-masing sapi (jenis sapi peranakan ongole) akan bertambah sekitar 0,35 – 0,45 kg.

Untuk jenis sapi Brahman, kenaikan berat badan sapi berkisar 0,35 – 0,79 kg per hari. Merupakan kenaikan yang cukup fantastis karena mampu meningkatkan sebanyak 30% sebagaui pengganti rumput.

Selain itu, penggunaan pakan ternak sapi fermentasi berupa pelepah sawit juga meningkatkan efisiensi ekonomi dengan menurunnya biaya mencapai 36% dibandingkan jika pakan hanya menggunakan rumput segar biasa.

Namun, walaupun demikian, ada baiknya penggunakan pakan sapi fermentasi dari pelepah sawit ini dicampur dengan konsentrat (protein tinggi) agar mencukupi kebutuhan hidup seperti pada saat sapi mengalami bunting dan laktasi.

Advertisements