Semua orang pasti menyukai es krim. Es krim adalah makanan dingin dan beku yang rasanya sangat lezat karena terbuat dari susu, krim, atau sejenisnya.

Bagi anda yang ingin membuat es krim sendiri, sebaiknya anda mengetahu terlebih dahulu bahan es krim di bawah ini. Alasannya, agar anda tidak salah memilih bahan karena rasa es krim itu nantinya dapat disesuaikan dengan selera anda.

Macam-macam Bahan Es Krim Yang Biasa Dipakai Untuk Membuat Es Krim

Whipped Cream

Bahan es krim satu ini adalah bahan yang sudah biasa digunakan untuk membuat es krim. Whipped cream berrwarna putih dan bertekstur seperti susu. Krim kocok ini biasanya diaduk-aduk agar warnanya berubah dan menggumpal.

Whipped Cream dipakai untuk es krim karena memiliki tekstur yang lembut dan rasanya manis bila dicampur dengan vanilla atau bahan lain. Selain itu, whipped cream adalah salah satu makanan dengan gizi yang hampir menyerupai kalau kita minum susu karena kandungan lemaknya tinggi.

Cokelat Batangan atau cokelat bubuk

Cokelat adalah salah satu bahan yang paling umum untuk pembuatan es krim. Cokelat sangat cocok digunakan untuk bahan es krim karena rasanya yang khas dan jika dimakan akan lumer di lidah.

Bahan dari cokelat ini diteliti dapat meningkatkan aktivitas otak dan debaran jantung. Selain itu, dapat menurunkan tekanan darah, mencegah diabetes, dan memperlancar aliran darah.

Buah-buahan

Bagi anda yang ingin sesuatu yang segar, anda dapat membuat es krim dari buah-buahan. Buah-buahan dapat dijadikan bahan es krim karena rasanya yang berbeda-beda. Buah-buahan dapat dicampur dengan cokelat dan rasanya pasti akan menakjubkan.

Biskuit atau kacang

Biasanya agar es krim terasa sempurna, es krim akan dilengkapi dengan topping. Topping es krim bermacam-macam, antara lain adalah biscuit dan kacang. Dengan menambahkan biscuit atau kacang pada ujung es krim anda, dijamin anda akan merasakan kriuk-kriuk yang tidak membosankan.

Pewarna dan ekstrak buah-buahan

Bagi anda yang kesulitan mencari bahan es krim dari buah-buahan, anda dapat menggantinya dengan pewarna dan esktrak buah-buahan. Saat ini perwarna dan ekstrak buah-buahan dapat dibeli di mana saja. Dijamin rasanya seperti buah asli!

Susu Cair

Susu cair juga dipakai untuk pembuatan es krim karena rasanya yang manis dan lembut dilidah. Susu sangat bermanfaat untuk pertumbuhan tulang dan gigi karena memiliki kandungan kalsium.

Tepung Maizena

Tepung Maizena juga dapat dimanfaatkan sebagai bahan es krim lho. Alasannya, tepung yang terbuat dari sari pati jagung ini dapat melembutkan tekstur es krim dan sebagai pengental saus atau susu, sehingga rasa es krim akan sangat creamy.

Kuning telur

Kuning telur juga dapat digunakan untuk pembuatan es krim. KuningĀ  telur ini gunanya hampir sama dengan tepung maizena yaitu untuk mengentalkan tekstur. Jadi jika memakai kuning telur, tidak lagi menggunakan tepung maizena karena kuning telur ini hanya sebaga pengganti tepung.

Disarankan hati-hati dalam penggunakan kuning telur agar hasilnya tidak jadi telur orak-arik, ya!

Vanili

Vanili digunakan juga untuk bahan es krim. Vanili berbentuk bubuk berwana putih dengan tekstur yang kasar. Fungsi pada es krim adalah untuk membuat es krim menjadi harum dan lezat.

Cara penggunaan vanili untuk es krim ini juga sangat mudah. Anda tinggal menaburkan vanili bubuk pada adonan es krim.

Itulah beberapa bahan es krim yang biasa digunakan untuk membuat es krim. Namun semua bahan di atas tidak digunakan dalam sekali pembuatan es krim. Jadi hanya beberapa bahan saja yang digunakan dan anda dapat memilihnya sesuai selera.

Jika anda penasaran bagaimana cara membuat es krim dari beberapa bahan di atas, anda dapat cek artikel tentang ketahui cara membuat es krim sendiri yang enak dan mudah. Semoga bermanfaat!

Advertisements