Resep kuah bakso – Kuah bakso adalah hal yang wajib ditambahkan jika kita sedang menikmati bakso. Jika memakan bakso tanpa kuah, rasanya pasti kurang lengkap.

Jika anda adalah seseorang yang ingin merintis usaha bakso, anda harus tahu tentang daya pikat kuah bakso agar usaha anda laris manis. Alasannya, kuah bakso sangat berpengaruh terhadap bisnis bakso anda.

Daya Pikat Kuah Bakso Terhadap Konsumen

Tidak dipungkiri lagi jika kita melewati sebuah kedai bakso, kita pasti akan menghirup harumnya kuah bakso yang menggugah selera. Hal itu membuat kita menelan ludah dan ingin segera menikmati bakso.

Mengapa dengan mencium aroma kuah bakso saja kita ingin cepat-cepat makan bakso? Jawabannya, karena kuah memiliki rasa yang sedap dan kuat, yang merangsang otak kita agar selalu mengingat. Selain itu, kuah yang berair akan menimbulkan sebuah perasaan nyaman.

Seorang pegusaha bakso haruslah kreatif dalam membuat resep kuah bakso. Kuah bakso yang unik dan lezat akan gampang diingat oleh konsumen. Seperti halnya di Surabaya, penjual bakso kebanyakan menggunakan resep bakso yang ditambahkan dengan saos tomat dan kecap.

Lain di Surabaya, ada penjual yang menyajikan kuah bakso dengan kental bumbu dan kaldunya. Ada pula bening gurih, atau kebanyakan kuah bakso direbus terlebih dahulu dengan daging ayam, kikil, atau tulang belulang.

Nah, kali ini, penulis akan membagikan resep kuah bakso menggunakan tulang sapi. Kuah bakso yang dibuat menggunakan tulang sapi ini sudah dipakai oleh penjual-penjual bakso pada umumnya. Yuk langsung saja cek resepnya di bawah ini.

Resep Kuah Bakso yang Enak

Bahan-bahan membuat kuah bakso

  • Tulang sapi seberat 400 gr
  • Lada bubuk sebanyak 1 sdt
  • Daun bawang sebanyak 4 batang
  • Gula pasir sebanyak 2 sdt
  • Kaldu sapi instan sebanyak 2 sdt
  • Bawang putih halus sebanyak 12 siung
  • Air sebanyak 4 liter
  • Garam secukupnya

Alat-alat untuk membuat kuah bakso

  • Panci
  • Kompor

Cara membuat kuah bakso

  1. Pertama-tama, siapkan air dan tulang sapi kemudian bahan tersebut masukkanlah ke dalam panci. Masaklah dengan menggunakan api yang sedang.
  2. Jika rebusan tadi sudah mendidih, kecilkanlah api.
  3. Masukkanlah bawang putih dalam keadaan api kecil. Masaklah selama kurang lebih 15-30 menit.
  4. Ambil sisa bahan tadi seperti garam, lada, kaldu, dan gula pasir lalu masukkanlah ke rebusan tadi.
  5. Langkah terakhir adalah menunggu hingga bumbu-bumbu tadi mengapung. Jika sudah mengambang, anda tinggal tes rasa. Jika kurang asin, anda dapat menambahkan garam lagi atau jika terlalu asin anda juga dapat menambah airnya.
  6. Kuah bakso siap disajikan bersama dengan bakso!

Begitulah resep kuah bakso dari tulang sapi. Bagi anda yang bertanya-tanya mengapa tulang sapi digunakan sebagai resep kuah bakso yang enak, alasannya berikut ini.

Tulang sapi sebagai campuran kuah bakso

Resep kuah bakso yang terbuat dari tulang sapi biasanya menjadikan rasa kuah jadi gurih dan enak. Sebaiknya dalam pemilihan tulang sapi adalah dengan mengambil bagian kakinya.

Pada bagian kaki, kaldu akan bening, tidak berlemak dan pastinya akan ada remahan sumsum yang enak sekali karena rasanya gurih.

Tulang sapi sangat mudah dicari. Anda dapat membelinya di pasar tradisional. Agar rasanya sesuai selera, anda harus memastikan bahwa tulang sapi benar-benar berkualitas. Yang pasti, tulang sapi tidak bau dan tidak berubah.

Baca juga: Resep Bakso Keju Paling Enak dan Mantap, Cocok Untuk Dijual

Dalam pembuatan kuahnya, cermati juga dalam menimbang bumbu dengan akurat sehingga konsistensi tetap terjaga. Selamat berkreasi!

Advertisements