Cara Membuat Tepung JagungJagung adalah tanaman monokotil atau berkeping tunggal. Bagi beberapa penduduk di dunia (Amerika tengah dan Selatan, juga beberapa daerah di Afrika dan Indonesia) jagung merupakan makanan pokok.

Menjadi makanan pokok bagi beberapa penduduk karena jagung termasuk makanan berkarbohidrat terpenting di dunia, setelah gandum dan padi. Bagi kita yang orang Timur, jagung biasanya lebih dimanfaatkan sebagai makanan pelengkap.

Contoh makanan pelengkap berbahan jagung berupa bakwan jagung, sayur jagung (sup jagung), jagung bakar, rolade jagung, pudding jagung, martabak jagung, bubur jagung, es jagung, roti isi jagung, hingga sweet corn.

Namun kali ini, penulis tidak membahas contoh-contoh makanan tersebut, melainkan akan membahas tentang tepung jagung. Tepung jagung di sini tentunya tepung yang terbuat dari biji jagung yang nantinya dapat diolah menjadi makanan baru.

cara membuat tepung jagung

Nah untuk itu, simak cara membuat tepung jagung berikut ini ya!

Cara Membuat Tepung Jagung

Bahan-bahan

  • Jagung secukupnya

Alat-alat Pembuatan Tepung Jagung

  • Alat Pemipil Jagung
  • Blender
  • Ayakan atau Penyaring

Cara Membuat Tepung Jagung

  1. Pertama-tama hal yang dilakukan untuk pembuatan tepung jagung adalah pemilihan jagung. Jagung yang dipilih haruslah jagung yang sudah berumur tua. Jagung yang tua akan menghasilkan kualitas tepung yang baik.
  2. Langkah berikutnya, jagung harus dikupas kulitnya dan dibersihkan dari serabut rambut jagungnya.
  3. Jemurlah jagung menggunakan tenaga matahari langsung, kemudian jika sudah kering, pipilah jagung menggunakan mesin pemipil jagung. Yang dimaksud pemipilan jagung di sini adalah proses pelepasan biji jagung dari bonggolnya.
  4. Proses selanjutnya adalah haluskanlah biji jagung menggunakan blender hingga lembut. Pastikan tidak ada biji jagung yang masih kasar sehingga dalam pemblenderan dapat dilakukan berulang-ulang hingga mendapatkan hasil yang benar-benar lembut.
  5. Pisahkan menggunakan ayakan atau penyaring jika masih ada biji jagung yang kasar. Biji jagung yang kasar tersebut masih dapat diblender ulang sehingga tidak perlu dibuang.
  6. Jemur kembali di bawah sinar matahari langsung biji jagung yang sudah menjadi tepung tersebut untuk mengurangi kandungan air yang ada di dalamnya.
  7. Tepung yang sudah dijemur dan tidak lembab sudah dapat langsung digunakan!

Baca juga: Manfaat Boggol Jagung Yang Bisa Buatmu Jadi Pengusaha

Nah itu tadi cara membuat tepung jagung. Caranya sangat mudah sekali, bukan? Bagi anda yang sudah bisa membuat tepung jagung sendiri namun masih bingung untuk membuat olahan makanan apa, yuk simak lagi berikut ini, ya!

Olahan Dari Tepung Jagung

Makanan yang dibuat dari tepung jagung banyak sekali, lho! Yang pertama adalah nasi jagung. Nasi jagung mudah sekali dibuat. Anda hanya perlu mencampurkan tepung jagung dengan larutan bumbu hingga rata. Setelah itu, kukus adonan selama kurang lebih 30 menit.

Olahan berikutnya dari tepung jagung ini adalah kerupuk jagung. Wow, ternyata kerupuk bisa dibuat dari jagung, ya! Unik sekali, bukan? Caranya juga sangat mudah. Pertama-tama buatlah nasi jagung terlebih dahulu, giling dalam penggilingan mie, potong-potong dengan ukuran sesuai selera, keringkan, selama dua hari. Jadilah kerupuk jagung yang siap digoreng dengan minyak!

Selain untuk nasi jagung dan kerupuk jagung, tepung jagung juga dapat dimanfaatkan sebagai bahan pengental makanan cair, saus, hingga untuk membuat sirup jagung.

Namun selain untuk olahan makanan, ternyata tepung jagung juga bermanfaat untuk kulit, lho! Contohnya adalah untuk rambut yang berminyak, mengobati kulit terbakar, sebagai masker wajah, hingga mengobati ruam popok.

Baca juga: Kegunaan Tepung Maizena Dalam Kehidupan Sehari-hari

Semoga membantu artikel tentang cara membuat tepung jagung ini!

Advertisements