Cara Membuat Emping Jagung – Emping adalah jenis makanan ringan yang pembuatannya yaitu bahan baku dipipihkan kemudian dikeringkan. Emping, pada umumnya dibuat dari melinjo. Namun, dengan banyaknya jagung yang dipanen oleh masyarakat, emping kini juga dapat dibuat dari jagung.

Emping jagung memiliki rasa yang lebih enak ketimbang emping melinjo yang ‘notabene’-nya terdapat campuran rasa pahit. Jagung memiliki rasa yang manis dan lebih renyah bila dijadikan makanan ringan seperti emping. Maka dari itu emping jagung kini lebih banyak digemari masyarakat.

Bagi anda yang ingin membuat emping jagung sendiri, tidak perlu khawatir karena emping jagung ini sangat mudah dibuat. Anda hanya perlu telaten dan sedikit sabar dalam proses pembuatannya. Untuk itu, langsung saja cek di bawah ini!

cara membuat emping jagung

Cara Membuat Emping Jagung

Bahan-bahan untuk membuat emping jagung

  • Jagung
  • Bawang putih
  • Garam
  • Minyak goreng
  • Kapur

Alat-alat yang digunakan untuk pembuatan emping jagung

  • Mesin pemipil emping
  • Mesin pengepres emping
  • Pengukus
  • Panci
  • Alat penjemur
  • Baskom
  • Wajan

Cara membuat emping jagung

  1. Pertama-tama hal yang harus diperhatikan dalam pembuatan emping jagung adalah pemilihan jagungnya. Pastikan jagung yang dipilih adalah jagung yang tua dan besar.
  2. Pipilah jagung menggunakan alat pemipil jagung kemudian bersihkan menggunakan air mengalir.
  3. Rendamlah jagung selama kurang lebih 24 jam. Tujuan direndamnya jagung dalam waktu yang sangat lama ini adalah agar nantinya dapat mempercepat perebusan.
  4. Setelah direndam, rebuslah jagung pipil menggunakan air yang telah dicampurkan air kapur 10% selama 2,5 jam. Dalam proses perebusan, selalu aduk-aduk jangung agar tidak gosong.
  5. Angkat jagung rebus kemudian cucilah menggunakan air bersih. Pastikan jagung dicuci hingga bau kapur tidak tercium lagi.
  6. Proses selanjutnya adalah pengukusan jagung. Kukuslah selama kurang lebih 4 jam dan campurkan bumbu (garam dan bawang putih)
  7. Setelah proses pengukusan, dinginkanlah jagung lalu pipihkan jagung menggunakan mesin pemipih. Lakukan sedikit demi sedikit agar hasilnya bagus.
  8. Jagung yang sudah dipipihkan kemudian dijemur di bawah terik matahari selama 1-2 hari.
  9. Jagung yang sudah dijemur sudah dapat disimpan di plastik dan sudah dapat digoreng sesuai kebutuhan.
  10. Jika anda menginginkan emping jagung dengan rasa, taburkan bumbu-bumbu sesuai selera sehabis emping digoreng dan selagi masih panas. Tujuannya agar bumbu meresap sempurna.

Nah, itu tadi cara membuat emping jagung yang gurih dan renyah. Jika anda tertarik untuk berbisnis rumahan, ambil saja peluang berjualan emping jagung ini.

Baca juga: Cara Membuat Tepung Jagung Untuk Berbagai Olahan Makanan

Emping Jagung Untuk Usaha Rumahan

Mengambil peluang usaha emping jagung adalah hal yang sangat tepat jika anda sedang memulai bisnis rumahan. Alasannya, emping jagung sangat digemari oleh masyarakat.

Alasan lain, budidaya jagung sangatlah mudah dan tak mengenal musim sehingga akan didapatkan jumlah jagung yang berlimpah. Berbisnis emping jagung juga tidak memerlukan modal yang banyak namun keuntungannya akan berlipat-lipat ganda.

Selain itu, pembuatan emping cukup sederhana sekali, bukan? Bahakan emping jagung juga merupakan makanan yang relatif tahan lama, lho,  dibandingan dengan jenis makanan lain yang sama-sama terbuat dari jagung.

Alasan paling menarik lagi nih, jika usaha emping jagung, anda pasti akan menemukan banyak bonggol jagung yang terbuang sia-sia. Anda pun bingung cara memanfaatkannya. Padahal, bonggol jagungnya saja memiliki manfaat sendiri lho. Anda dapat membacanya di 7 Manfaat Bonggol Jagung Yang Dapat Buatmu Jadi Pengusaha.

Jadi, tunggu apa lagi, sobat?

Advertisements